Senin, 08 November 2010

Makan

Ngomong itu memang gampang. Menasihati itu sangat mudah. Cuma modal ngomong dan sedikit kesoktahuan, selesai deh. :)
Tapi, begitu diri ini ditempatkan di posisi sebaliknya, posisi orang yang menemukan halangan dan tantangan, boom!!!! Pusing tujuh keliling. Mulut dan pikiranpun akan langsung mengoceh "ngomong gampang, coba rasain dulu"... atau "emang semudah itu? engga kaleee..."... dan segala macam kekesalan yang sebenarnya lebih karena dampak dari keputusasaan.

Apa sebenarnya yang saya omongin di atas? hehe.. Soal makan. Hmmm... yayaya.. semua ibu-ibu yang punya anak susah makan mungkin akan setuju dengan omongan saya: MINTA AMPUUUN !!! hehehe...

Dulu Fazli juga pernah melewati fase dimana dia susah makan, berat badan engga naik-naik. setress!! Tapi masa itu tiba-tiba lewat, dan jujur aja, engga ingat kapan, dan kenapa. Yang jelas, tiba-tiba Fazli jadi mudah makan, badannya langsung bongsor, (meskipun sayur masih tetep agak susah, tapi relatif bisa dipaksa.. kadang-kadang aja sih.. :) ).

Ditta, justru mudah makan. Semua lewat aja. Kemungkinan karena makannya masih berkuah, dan cuma ditelen aja tanpa dikunyah. Tapi waktu itu: the hell with it! Yang penting tu anak makan, dan habis. Cuma ya itu, badannya kok keciiiiil aja. Perutnya aja yang buncit pertanda abis makan, meskipun beberapa jam kemudian akan langsing lagi. :)

Sekarang, mbaknya Ditta berhenti. Dan mbak barunya bukan lulusan suster, dan mungkin bukan tipe yang bisa ngebujuk anak. Jadi Ditta kalo makan maunya sama saya. Dan dasarnya saya juga bukan tipe penyabar dan pembujuk ulung, makannya jarang abis. Waktu itu dalihnya: Gapapa, yang penting ada yang masuk. Gapapa, ga usah dipaksa. Kalo lapar juga makan.

Lama kelamaan, Ditta makin susah makan. Dia tahan engga makan. Paling banter minum susu kalo mendekati jam makan, tapi disuruh makan engga mau. Hadeeuuuuuhh..... lama-lama kok pusing ya?? Engga mungkin mengandalkan susu kan? Gizinya ga bakal lengkap. Belum lagi komentar opanya yang bikin hati ini teriris," Ditta kayaknya makin kurus?" Maksudnya???? Rasanya seperti dituding ibu yang ga bisa ngurus anak. Padahal..... engga tau juga deh.. hihihi...

Anyway, puncaknya adalah sewaktu Ditta sembelit di Bandung dalam rangka liburan. Sampe nangis-nangis karena ga bisa ngeluarin pupnya, sampe saya bantu 'korek-korek', sampe akhirnya memutuskan untuk beli microlax. Berhubung di Bandung, agak ga ngerti jalan, akhirnya agak lama belinya. Ditta ta' suruh "istirahat" dulu dari kegiatan nongkrong di kamar mandinya, meskipun tadinya nolak karena mungkin masih  mules. Eh, begitu microlax datang, kayaknya mulesnya malah pergi. Ga jadi deh.. :)

Terus, minggu depannya, Ditta masuk angin sampe muntah-muntah. Mungkin kurang makan, mungkin telat makan, engga tau. Yang jelas, sejak itu jadi agak streng ke Ditta soal makan. Mulai maksa, mulai marah, dan Ditta tetep engga tergerak untuk rajin makan. :'(

Haaaaah... sekarang engga bisa lagi ngomong, "Ga usah dipaksa". Takuuuut.. takut masuk angin lagi, takut tambah kurus, takut sakit, takut sembelit, segala macam ketakutan deh.

Yayaya... udah coba vitamin penambah nafsu makan, tapi sepertinya ga banyak pengaruh. Meskipun begitu tetep kok dikasih. Obat tradisional dari "Si Aki" pun tetep dikasih. Madu atau sari kurma juga tetep, meskipun ga rutin lagi.

Yayaya, segala jenis makanan udah dicoba bikinin. Tetep paling kedoyanannya ya telur dadar. Simpel, dan pamungkas, pamungkasnya Ditta, dan pamungkasnya saya juga. hehehe... Dari mulai segala macam sup, sayur, udah dicoba. Tapi ya itu, balik lagi ke dadar dan dadar. :)

I don't wish her to eat like her brother, and be big like her brother (I'd rather see her slim like now, but with more appetite :D ). I just wish she'd eat way better than she is now...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar